Kupu-kupu Merah adalah Sejenis Fiksi Belaka

-Before you’re lost between the notes // Just as you take the mic// Just as you dance, dance, dance -Jigsaw Falling Into Place, Radiohead

Seringnya perjumpaan maya itu memunculkan harapan. Sebelumnya aku memang tak pernah memendam harap begitu jauh ketika mengenal sosok dalam perjumpaan maya. Aku tidak tahu kenapa punya perasaan begitu. Ketika mengenalmu. Entahlah. Mungkin relasi dari suatu teknologi mampu menerbitkan kerinduan yang lebih super-visual.

Saat kau dan aku bergumul dalam perbincangan konyol dan harapan absurd yang kupendam secara diam-diam dalam lubuk. Serupa kupu-kupu yang memimpikan taman-taman bunga bermadu di antara reruntuhan kota, asap-asap pabrik, juga rumah-rumah kaca. Ya. Hanya sebuah harap yang kelak menjatuhkanku dari; puncak mercusuar kekonyolan yang kurawat akan adanya dirimu melengkapi hariku yang sering aku buang percuma.

Aku memang tak dapat menawarkanmu cerita tentang kebahagiaan anak manusia. Mimpi keliling dunia saja nyaris aku tak sanggup. Terlalu banyak susah payah disekelilingku. Aku hanya tak ingin membohongimu. Lagipula, seperti Jhon Lennon, bahagia adalah salah satu cita-citaku juga. Aku juga tak mampu membuatkanmu puisi-puisi cinta yang retoris nan hiperbolis. Karena bagiku cinta itu tindakan, ada sesuatu yang dilakukan untuk orang yang benar-benar kita cintai hingga ia benar-benar merasa bahagia menurut dirinya.

Di dalam. Ada sebuah kerinduan yang memar. Yang lama kurindui bersemayam dalam dirimu. Ada sebuah kangen yang ngungun yang ingin kubisikkan padamu. Begitu tingginya kah kekonyolanku akan hadirnya dirimu? Kamu memang terlihat ada namun tak pernah benar-benar nyata. Seperti butiran hujan yang sesekali terjun ke bumi namun harus kering kembali saat matahari menyongsongkan sinarnya.

Leave a Reply

