Gosip Ga Penting!

Aku tadi terlambat datang ke sekolah. Karena memang tak ada kelas juga. Kelas pagi dan siang semuanya berkumpul. Ku kira anak didik kami diberi pengumuman oleh wali kelasnya masing-masing bahwa besok libur karena bakal diselenggarakan UN. Aku tidak tahu kalau hari ini ada rapat mengenai bagaimana nanti kurikulum baru dijalankan dan juga prosedur pengawasan UN besok. Kepala sekolah lah yang memimpin rapat itu. Prosedur pengawasan UN sebelumnya memang sudah di rapatkan bersama para pengawas.

Jadi kepala sekolah hanya mengingatkan saja. Tapi jika ditarik kesimpulan hasil rapat tadi ku kira hanyalah pepesan kosong belaka. Bagaimana mungkin aku dapat menarik kesimpulan hasil rapat jika yang dibicarakan malah dominan masalah-masalah pribadi, jika bukan, gosip ultra-kampring yang belum tentu dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Bukan perbaikan kinerja para pendidik, termasuk kepala sekolah sendiri. Toh kepala sekolah itu cuma jabatan struktural belaka, ia setara dengan para pendidik lainnya. Pun kepala sekolah kan mestinya ngajar juga. Ia punya jam mengajar yang mesti dilunasi.

Lagi pula amat mengherankan jika ada yang merasa kepala sekolah itu laksana bos-bos korporasi. Yang harus disembah-sembah oleh anak buah. Seharusnya para pendidik dan kepala sekolah itu kooperatif. Namun apa yang ku saksikan sebaliknya. Seorang rekan malah pernah berkata, “selama belasan tahun gua ngajar di Bekasi ga tau kenapa kepala sekolah sama guru itu cenderung saling menyudutkan,” aku hanya merespon dengan senyum meringis waktu rekanku mengatakannya. Aneh juga bagaimana mungkin pendidikan di Indonesia bisa maju jika yang terjadi malah seperti itu terus, belum lagi masalah kurikulum yang menuai pro-kontra, Ujian Nasional yang menjadi teroris bagi para siswa dan guru-guru, dan yang paling miris adalah gaji-gaji guru yang tak tersalurkan sepenuhnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s