Kota Ngantuk

Infrastruktur kota ini sungguh carut marut. Aku tidak tahu apa sebetulnya yang ada dalam kepala para penata kota ini. Terlalu banyak pembiaran ketimpangan ekonomi dan sosial disini. Akses untuk mendapat air bersih saja sulit sekali. Bahkan harus beli! Sesuatu yang seharusnya menjadi hak warga.  Saluran air pada kotor karena tanah telah rusak untuk kepentingan-kepentingan infrastruktur yang serampangan.

Kota ini memang sangat strategis untuk aktivitas bisnis. Mengingat akses transportasi yang tergolong mudah. Orang-orang dapat dengan gampang berdatangan dari segala arah. Pendapatan kota ini sebagian besar didapat dari retribusi daerah, pembangunan industri, dan bangunan-bangunan usaha lainnya. Namun disisi yang lebih aktual menghadirkan ancaman serius bagi warga kota. Seperti yang aku alami sendiri. Ketika hujan besar datang maka banjir tak dapat disanggah lagi. Ketika musim kemarau tiba maka kegerahan tak mungkin dapat diusir. AC pun hanya mempercepat untuk jatuh sakit. Ah, lagipula aku tak sanggup buat beli AC.

Apa warga komplek disini enggan membuat Ruang Terbuka Hijau kemasan mini? Ku kira bukan hal yang mustahil jika disetiap komplek dibangun RTH. Karena toh tiap-tiap RT yang terbagi disini tersedia berjumlah-jumlah lapang untuk ruang sosial warga. Padahal jika lapang itu di permak jadi RTH benefit yang didapat ya untuk warga sendiri. Terus juga yang aku herankan sudah tahu kalau banjir datang jika hujan besar tiba? Kenapa pula garasi-garasi rumah mereka pada dibetonin? Goblok apa dongo sih sebetulnya kita ini…

Sekarang hujan udah ga bisa diprediksi lagi. Bisa datang kapan saja. Seperti kecemasan-kecemasan hari esok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s