Sompral

Masalah personal akan sangat politis dan masalah politis akan sangat personal.

Heran juga jika ada orang yang apolitis. Apalagi kalau ia dianggap punya kesehatan yang cukup baik. Mencoba sembunyi dibalik kenyamanannya yang mumpuni. Menganggap isu-isu sosial itu cuma sampah yang ga guna. Toh sampah juga malah masih ada gunanya. Bukankah setiap ruang gerak kita amat bersinggungan dengan hal-hal politis?

“Ketika elu susah payah buat nyari makan karena kebijakan pak lurah mengenai penjualan padi yang elu tanem menghasilkan keuntungan yang sedikit dan malah ngalamin degradasi pendapatan tinimbang kebijakan yang dulu, apa elu masih nganggep politik itu ga berhubungan dengan mata pencarian. Ketika banyak pedagang yang diusir kamtib karena dianggap mengganggu ketertiban umum, apa elu juga masih nganggap politik ga ada hubungannya sama begituan. Apa elu pikir, rumah yang elu tempatin itu ga ada hubungannya dengan regulasi, IMB, transaksi, dan sejenisnya.” Apakah itu tidak politis?

Ohya, aku lupa elu kan kelas menengah yang fasilitatif nan eksklusif. Jauh dong sama penderitaan ga mutu kayak diatas itu. Wong emak bapak elu punya perusahaan gede yang ga mungkin kolaps. PHK? Aih. Kaga ada dalam kamus tuh. Sudah nyaman banget sama kehidupan sekarang. Orang lain mah bodo amat. Persetan dengan orang lain. Mereka juga ga mikirin kita, kok. Ngapain juga mikirin isu-isu sosial. Ga penting, bikin pusing aja!! Cih!!! Mending travelling ke pantai, nyelem laut nikmatin alam laut yang indah barengan pacar tercinta, naik gunung, atau nonton konser grup musik favorit di Jepang. Lagi pula politik itu taik kucing. Hidup individu merdeka, yeah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s