Tentang Lagu Barbarism

EP -Barbarism

Sebuah Pendapat Personal

Lagu ini sedang dalam penggodokan. Pencarian struktur irama dan beat-beatnya. Aku masih merasa kering arrangement. Miskin melodi, dan belum match dengan warna suaraku yang memang cukup sukses membikin telinga orang lain ga nyaman. 😀

Inginku memang memberikan nuansa lain yang segar bagi mereka yang mendengarkan. Gelap, beat yang lambat, noise yang cukup heavy tapi dibalut dalam pop saja. Semua bakal disesuaikan dengan teknis-teknis yang ada. Baik kemampuanku meracik komposisi maupun software recording dan tools yang terdapat di studio. Yang jelas hajar saja lah. No matter 5W+1H to create it.

Memang semuanya masih ku kerjakan sendiri. Namun, jika sudah ku record mentahnya di studio milik seorang kenalan, kawan-kawanku ditempat lain bakal ngebantu menyempurnakan komposisinya. Minimal ngasih masukan ini dan itu. Gotong royong memasukan unsur-unsur lain.

Lagu ‘barbarism’ adalah bentuk kenyinyiranku pada sebuah ormas yang berpotensi mengebiri intelektualitas anak bangsa lewat cara berpikir biner yang notabene sudah amat klasik (salah-benar, hitam-putih, surga-neraka, kiri-kanan, atas-bawah, maju-munjur). Sebuah resistensi pada mereka yang kerap menggunakan kekerasan ketika melihat hal yang kurang mereka sukai.

‘Barbarism’ dipicu dari tindakan semena-mena, jika bukan, miskin adab. Ketika aku mengikuti sebuah diskusi buku, bedah buku, sekonyong-konyong diskusi itu dibubarkan paksa oleh mereka. Kawanan lain di berbagai kota pun mengalami hal yang serupa. Ajaibnya, pihak yang mestinya melindungi dan memberikan kebebasan berkumpul dan berserikat bagi setiap warga malah mendukung pembubaran itu. Bagiku ini adalah kejahatan yang serius. Karenanya, aku merasa harus bikin sesuatu mengenainya.

Sebuah lagu yang aku persembahkan untuk diriku sendiri dan anak-anak didik kami. As a reminder to keep warm on fire and love life to the fullest. Huhu….

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s