Sebelum Kukayuh Jauh

Ada saatnya dimana kemarahan menjadi sesuatu yang niscaya dan malah cenderung anugerah. Ada saatnya marah itu hal yang tidak berguna dan dapat jadi seseorang nampak bodoh karenanya.

Namun perlukah marah itu? Jelas perlu selama ia berada dalam konteks tertentu.

Apakah seseorang akan diam saja melihat penganiyaan publik oleh segelintir elit politik dengan mengabarkan kebohongan di media-media, sedang orang itu tahu kabar sesungguhnya serupa apa? Namun toh jika diberi tahu kebanyakan orang berapatis ria. Mengkonsumsi televisi telah kadung semacam ritual makan dan minum. Lalu yang memberitahu pun menjadi bosan.

Ketika politik tak lebih dari billboard berjalan dan politik pencitraan tak ubahnya pertunjukkan badut-badut moron. Setidaknya saling mengingatkan adalah jalan yang baik meski dengan kemarahan bahwa mereka tak pernah berniat memperbaiki apa yang seharusnya diperbaiki. Atau ketika seseorang yang engkau sayangi berbuat kacau yang seakan ia sedang membunuh dirinya secara perlahan, apakah masih sanggup untuk diam saja? Buat apa guna berkawan, buat apa eksis seorang sahabat? Buat apa mencintai dan dicintai kekasih? Lebih jauh, buat apa kita ada bersama-sama disini? Atau semua pertanyaan itu buang saja ke tempat sampah karena, Buat Apa?

Lalu pantaskah kiranya sekarang jika aku harus marah padamu? Tidak. Sama sekali tidak. Buat Apa? Siapa aku bagimu? Siapa juga kamu buatku? Meski perihal mencintai dan dicintai akan selalu terbuka. Bagaimanapun hidupmu adalah milikmu. Begitupun aku. Aku hargai segala keputusanmu. Semoga kamu dalam keadaan telah memahami apa yang kamu perbuat. With No Plan But Passion!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s