#5BukuDalamHidupku Hallo Ilmu Pengetahuan Sosial

“Memangnya pelajaran apa yang benar-benar kamu sukai?.”

Begitulah pertanyaan bu guru saat saya duduk di bangku SMA. Pertanyaan tersebut timbul karena saya punya masalah dengan pelajaran matematika yang sempat saya benci waktu itu. Matematika laksana teroris yang meneror benak saya dan kawan-kawan saya ketika itu. Kami menganggap pelajaran matematika sebagai pelajaran paling garing mega membosankan. Tak dinamis. Statis. Jauh dari rasa nikmat dalam belajar, apalagi cinta dengannya, yang belakanganpun saya ketahui justru sebaliknya. Lalu adakah yang salah saat itu? Jika ada siapakah yang salah? Kami atau gurunya? Entahlah, yang jelas waktu itu tanpa rasa ragu saya langsung menjawab pertanyaan bu guru, “sosiologi, bu!”

Ah, Sosiologi? Ini dapat berarti ada korelasinya dengan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Tak sedikit definisi soal sosiologi mengingat pola tingkah laku suatu masyarakat dari hari ke hari mengalami perubahan, seiring dengan produktivitas masyarakat manusia itu sendiri yang tak bisa lepas dari iklim alam, ruang, dan waktu di mana ia tinggal dan hidup. Tak ubahnya definisi “hipster” yang tak pernah menemu satu pakem. Menarik memang. Namun saya lebih menyukai sosiologi menurut Allan Johnson, menurutnya, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya memengaruhi sistem tersebut. Maka sosiologi, tidak bisa tidak, menjadi pelajaran favorit saat itu bahkan hingga kini.

IPS II

Sedikit melongok ke belakang agak jauh. Sejak SD kelas IV saya sudah menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, tanpa saya tahu alasannya kenapa. Barangkali bapak punya pengaruh besar dalam hal itu karena sering mengajak saya berpergian, sekedar menonton pertunjukan seni atau ngobrol ngalor-ngidul dengan kawan-kawannya yang nampak oleh saya sangat mengasyikan.

Adalah LKS (Lembar Kerja Siswa) Ilmu Pengetahuan Sosial yang pertama kali memperkenalkan saya dengan ilmu-ilmu sosial. Ketika itu sekolah saya selalu berlangganan LKS terbitan Sarana Panca Karya yang hingga sekarang ternyata keberadaannya masih berkibar. Hampir selalu menemukan keasyikan tersendiri saat membaca dan mengerjakan lembar demi lembar LKS, tanpa harus disuruh orang tua untuk membacanya. Karena sering membaca LKS IPS secara otomatis akan berlanjut ke buku paket IPS yang jauh lebih tebal dari LKS. Sebab di sana saya akan menemukan keasyikan yang lebih komplit. Ini kontras dengan pelajaran Matematika yang kurang saya sukai.

Salah satu isi materi dalam buku paket itu adalah peta. Betapa merasa herannya saya saat itu melihat peta kota Kuningan dengan kota Bandung yang jaraknya sejengkalpun tidak. Tapi jika berkunjung beneran, kok jauh, ya? Ah, imajinatif bukan? Belum lagi jika saya membaca materi tentang keberagaman budaya dan alam Indonesia yang indah permai dari Sabang hingga Merauke. Bahwa setiap daerah mempunyai adat-istiadatnya sendiri. Di tambah dengan visual alam yang menakjubkan tiada tara. Menarik sekali! Alangkah konyolnya jika sekarang terdapat Front Anti-Keberagaman yang konon sering mengganggu ketenteraman sebagian warga. Jangan-jangan mereka tak pernah membaca IPS, ya? Kasian sekali. Belum cukup sampai di situ, di buku itu terpampang gunung-gunung di berbagai daerah di Indonesia yang tak akan pernah dipunyai negara macam Singapura atau Italia sekalipun. Apalagi jika membuka buku atlas. Di mana terdapat berbagai bendera negara di dalamnya yang mana saya selalu membayangkan suatu saat nanti saya harus pergi ke negara yang benderanya berwarna merah, putih, biru horizontal dan berbicara bahasa mereka, atau menyambangi negara yang benderanya berwarna putih dengan merah menyilang serupa kompas arah mata angin. Yah…, walaupun belum terkabul hingga kini.

IPS I

Andai sekarang bu guru SMA kembali melontarkan pertanyaan yang sama, “memangnya pelajaran apa yang benar-benar kamu sukai?.” Sambil tersenyum santai saya akan menjawab, “masih sosiologi, bu.”

Leave a Reply

